Minggu, 30 Maret 2014

dimuat di Peercil Pikiran Rakyat, 5 Januari 2014 : Apa yang terjadi pada tubuh saat kita tidur?


Dimuat di Peer Cil Pikiran Rakyat 5 Januari 2014 




Manusia memiliki kebutuhan tidur minimal 8 jam sehari sehingga pada umumnya setiap malam manusia melakukan aktifitas yang dinamakan tidur. Lalu bagaimana dengan adik-adik?
            Untuk sobat percil, dibutuhkan waktu tidur antara 9-11 jam…mengapa? Karena selain tidur di malam hari, sobat percil juga dianjurkan untuk tidur siang. Tentunya jadwal tidur siang setelah sobat percil pulang dari sekolah, mengulang pelajaran di sekolah dan makan siang. Oke deh, pentingnya tidur siang akan kita bahas di lain waktu.
            Kita juga ingin tahu, apa yang terjadi dengan tubuh kita di saat kita tidur. Perlu diketahui bahwa pada saat kita tidur otot-otot tubuh kita mengendur untuk mengistirahatkan semua kerja otot kecuali otot di sekitar mata, kelopak mata yang menegang untuk mempertahankan aga mata kita tetap tertutup dan tentunya otot jantung yang terus bekerja selama kita hidup. Selain itu pernahkah sobat percil merasakan, saat tertidur tubuh dan anggota tubuh kita bergerak? Ada yang memang sedikit bergerak, banyak bergerak dalam tidurnya. Rata-rata tubuh manusia bergerak saat tidur sebanyak 20 – 30 kali dalam semalam dengan gerakan yang membutuhkan tak lebih dari 30 detik. Banyak sedikitnya gerakan juga dipengaruhi oleh tingkat kelelahan, makanan terakhir yang disantap, serta suhu tubuh.
            Sama halnya dengan otot mata yang tetap bekerja di saat kita tidur, maka pembuluh darah, denyut jantung, hati dan ginjal tetap bekerja akan tetapi denyut jantung akan lebih lambat sehingga bernafaspun menjadi lebih lembut. Nah bila sudah waktunya tidur siang, tidur malam hari segera beranjak ke tempat tidur karenanya kita akan memberi kesempatan kepada tubuh untuk beristirahat merelaksasi otot-otot yang seharian telah bekerja sehingga saat terbangun, tubuh sobat percil jauh lebih lebih sehat. Tidur cukup dan tepat waktunya ya Sobat… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya geng “teman” itu Mahal?

Pernah nggak merasakan masa masa sma punya geng yang seru abis? Mau ngumpul tinggal janjian makan di kantin sekolah Mau seru...