Sabtu, 29 Maret 2014

Kamis, 21 Februari 2013 Agar Balita tidak membantah Anda


Seringkali kita akan diselimuti emosi yang berkepanjangan apabila si kecil membantah apa yang telah kita katakan. Apalagi bila si kecil telah memasuki usia prasekolah, maka dijamin ia akan memiliki lebih banyak kosakata  yang bisa dipakainya untuk membantah apa yang anda katakan. anak-anak usia 3-5 tahun menjadi sangat independent yang artinya tidak menyukai interupsi. Mengacuhkan Anda, orangtuanya, adalah satu cara untuk menunjukkan ‘kekuasaanya'. Wajarkah? Bagaimana anda mengatasinya?
Memaklumi kebutuhan anak untuk mandiri bukan berarti mengijinkannya untuk tak mendengarkan Anda. Adalah sangat penting mengajarkan ia untuk mendengarkan, sebelum mengacuhkan Anda-dan orang lain-menjadi kebiasaan. Membangun ketrampilan sosial yang benar akan membantunya sukses di sekolah dan dalam pergaulan. Anda bisa mulai mendorong balita untuk mendengar dengan strategi ini:
  • Berusaha berbicara dengan posisi mata anda sejajar dengan mata anak?bagaimana? anda harus berjongkok dan tatap mata anak dalam. Gunakan suara yang lembut namun tegas. Sentuh bahunya yang diawali dengan menyebut namanya. Memanggilnya dengan suara keras bila posisi anda berjauhan dengan anak akan membuat anak merasa tidak dihargai
  • Gunakan kalimat singkat namun padat. Anak-anak cenderung tidak menyukai nasihat, jadi ambillah hatinya dengan menggunakan kalimat pendek namun bernada perintah halus dengan nada lembut.
  • Menunjukkan empati apabila anak menemui masalah akan jauh lebih mudah dalam memberikan nasihat. Misalnya : “nah, kakak, mainannya rusak, coba bunda lihat. Mengapa bisa seperti ini?” dengarkan keluh kesahnya maka anda akan merebut hatinya sedikit demi sedikit.tunjukkan empati anda terhadap anak dilengkapi dengan bahasa tubuh yang menunjukkan bahwa anda mengerti dengan apa yang dihadapinya, misalnya memeluknya, menggenggam tangannya atau mengelus kepala anak.
  • Melengkapi konsekuensi dalam setiap permintaan anak, misalnya kita tidak akan pergi ke toko buku kalau kakak belum makan.
  • Tidak menghentikan  aktivitas anak saat anda memberikan permintaan. Berilah waktu beberapa saat hingga anak mengurangi tegangannya pada aktivitasnya.
  • Cari waktu yang tepat untuk berbicara agar anak jauh lebih memperhatikan anda.

1 komentar:

Punya geng “teman” itu Mahal?

Pernah nggak merasakan masa masa sma punya geng yang seru abis? Mau ngumpul tinggal janjian makan di kantin sekolah Mau seru...