Minggu, 30 Maret 2014

Sabtu, 23 November 2013 Dimuat di Peer Cil Pikiran Rakyat 03 November 2013 : Mengapa harus menggosok gigi?



Dalam sehari kita dianjurkan untuk menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Bila adik-adik tidak melakukannya maka jangan terkejut apabila nanti tiba-tiba merasakan rasa sakit yang tak tertahankan karena gigi yang berlubang. Mengapa?
            Gigi terdiri atas dua bagian yaitu sebuah akar yang tertanam di bagian tulang rahang dan mahkota yang bentuknya bisa kita lihat berada di dalam mulut berwarna putih. Gigi tersusun atas mineral yaitu kapur dan fosfor yang merupakan bagian terpenting dari gigi yang terhubung secara langsung dengan pembuluh darah di gusi,  yang kemudian diselimuti oleh email yang menutup utuh lapisan dentin dan mahkota gigi.
            Pergantian gigi pada manusia hanya terjadi satu kali, yaitu pada usia 6-12 tahun. Sedangkan gigi yang dimiliki oleh adik-adik yang berussia dibawah 6 tahun disebut gigi susu yang berjumlah 20 buah. Gigi susu inilah yang nantinya akan digantikan oleh gigi tetap mulai dari usia 6 tahun. Gigi tetap inilah yang benar-benar harus dijaga karena jumlahnya sebanyak 32 buah tidak akan ada gantinya lagi setelah pertumbuhan gigi tetap usai.
            Dengan rajin menggosok gigi maka kita akan mencegah bakteri-bakteri tumbuh di gigi yang nantinya akan mengikis lapisan dentin setelah lapisan email rusak, berlubang karena tak dirawat. Bakteri ini tumbuh dibawah lapisan email sehingga seringkali kita merasakan sakit gigi meski gigi masih kelihatan utuh karena lapisan gigi terkikis sehingga lubang akan sampai pada syaraf pembuluh darah di gusi. Lalu apakah  adik-adik kecil kita tak perlu sikat gigi karena toh nantinya ada pengganti gigi susu? Tentu Perlu !! Bakteri-bakteri yang tumbuh di dalam mulut terutama dibalik dentin gigi akan menyebabkan bau karena sisa makanan yang terselip di gigi akan membusuk dan menjadi tempat berkembang biak kuman lebih lanjut. Siapa yang masih mau memiliki mulut berbau dan gigi berlubang? Tidak ada kan? Jadi masihkah adik-adik menunda dan tidak menggosok gigi? Ayo gosok gigi teratur ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya geng “teman” itu Mahal?

Pernah nggak merasakan masa masa sma punya geng yang seru abis? Mau ngumpul tinggal janjian makan di kantin sekolah Mau seru...