Selasa, 02 Desember 2014

perlukah belajar etika bisnis?


tak hanya pandai mengurai kata, menjalin kalimat untuk meningkatkan omset penjualan. namun, seseorang yang telah berkomitmen untuk terjun di dunia bisnis tetap harus memahami etika bisnis.
persaingan, kejujuran pemasar wajib dipelihara karena nantinya konsumen akan menilainya cepat atau lambat.
bila anda sudah tak jujur tentang informasi produk, waktu distribusi bahkan informasi pesaing , tentunya anda akan menuai hasilnya baik atau buruk.

 lalu apa yang harus kita perhatikan dalam bisnis yang beretika?

Pengendalian diri dan menciptakan iklim persaingan yang sehat
pernahkah anda menemui pebisnis yang menawarkan produknya didahului dengan mendiskritkan lawan bisnisnya? akan jauh lebih elegan bila anda menawarkan keunggulan produk  tanpa didahului oleh cara buruk yang sebelumnya saya kemukakan. 

mengembangkan tanggung jawab sosial
apakah produk/jasa  yang anda tawarkan benar-benar bermanfaat? jangan sampai ada unsur pemaksaan secara halus atau terang terangan dalam menawarkan produk. bukankah anda juga akan merasa tidak nyaman bila berada di posisi konsumen bila mengalami hal tersebut. 

mengatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah
jujur jujur dan jujur tentang produk/jasa yang anda tawarkan. 
 
menumbuhkan kepercayaan dengan konsumen dan pesaing bisnis
 maukah anda punya musuh hanya gara-gara anda menyalahgunakan kepercayaan konsumen dan pesaing bisnis. jadi bila anda kurang suka dengan konsumen atau pesaing bisnis anda, berusahalah untuk menjauhkan ucapan anda yang terkesan menjelek-jelekkan secara pribadi terhadap keduanya. cepat atau lambat sikap anda akan dinilai oleh orang lain. bersaing sehat akan jauh lebih elegan dan pelanggan akan datang dengan sendirinya. jangan campur adukkan masalah pribadi, emosi pribadi dengan bisnis yang anda jalankan. percayalah anda sendiri yang akan memetik hasilnya.

 
Jika momentum lepas, dukungan bisa berubah jd perlawanan, simpati berubah jd antipati. Waspadai kenyataan ini

1 komentar:

Punya geng “teman” itu Mahal?

Pernah nggak merasakan masa masa sma punya geng yang seru abis? Mau ngumpul tinggal janjian makan di kantin sekolah Mau seru...